Target Setoran Hafalan 30 Juz Sebulan

Hafal Quran Sebulan

Target Setoran Hafalan 30 Juz Sebulan

Setiap lembaga pendidikan tahfidz Al-Quran memiliki target dan metodologi masing-masing. Semua proses menghafal Al-Quran tidak ada yang instan melainkan ada tahapan proses yang harus dilakukan. Adapun target setoran hafalan 30 juz sebulan di YKTN Pusat merupakan proses awal dalam menghafal Al-Quran.

Definisi Ziyadah dan Muroja’ah

Ziyadah berasal dari kata زَادَ – يَزِيْدُ adalah menambah, meningkatkan, menumbuhkan, memperbanyak, mempertinggi, memperbesar, menjadi lebih. Maksudnya yaitu menambah hafalan Al-Quran untuk ayat yang baru dihafalkan.

Muroja’ah berasal dari kata رجع يرجع )raja’a-yarji’u( artinya kembali. Istilah muraja’ah yaitu mengulangi hafalan atau membaca kembali secara rutin ayat-ayat Al-Quran yang sudah dihafalkan. Muraja’ah merupakan aktivitas rutin para penghafal Al-Quran yang bertujuan agar hafalan senantiasa terjaga dan mendapatkan pahala dari setiap huruf yang dibaca.

Berikut ini adalah target ziyadah harian selama menghafal Al-Qur’an Sebulan. Adapun realisasinya tentu saja bisa lebih bisa kurang dari target harian berikut ini. Namun jika metode dan sistem dilakukan secara maksimal maka grafik harian pencapaian hafalan Al-Qur’an cenderung naik.

Sebulan target 30 Juz dengan durasi belajar 10-13 jam per hari dengan metode menghafal Al-Qur’an yang asyik, nikmat dan menyenangkan.

Target Harian Ziyadah Hafal Quran Sebulan

Segala sesuatu harus dilakukan secara bertahap. Apabila tahapan bacaan Al-Quran sudah sesuai kaidah tajwid; mau mengikuti proses karantina tahfizh; menjaga kesehatan fisik, mental, dan ruhiyah; serta komitmen mempraktikkan metodenya maka insyaa Allah akan mendapatkan hafalan Al-Quran yang signifikan.

Selama program menghafal Al-Quran sebulan yaitu untuk ziyadah. Awalnya para peserta karantina tahfizh hanya mampu menyetorkan hafalan secara bertahap kemudian berangsur-angsur mendapatkan hafalan Al-Quran karena terbukanya kemudahan atas mukjizat Al-Quran.

Berikut ini merupakan target harian ziyadah hafal quran sebulan mulai dari hari pertama sampai total waktu efektif sebulan:

Hari ke-1 tasmi’ juz ‘Amma

Hari ke-2 ziyadah minimal 7 halaman

Hari ke-3 ziyadah minimal 8 halaman

Hari ke-4 ziyadah minimal 9 halaman

Hari ke-5 ziyadah minimal 10 halaman

Hari ke-6 ziyadah minimal 11 halaman

Hari ke-7 ziyadah minimal 12 halaman

Hari ke-8 ziyadah minimal 13 halaman

Hari ke-9 ziyadah minimal 14 halaman

Hari ke-10 ziyadah minimal 15 halaman

Hari ke-11 ziyadah minimal 16 halaman

Hari ke-12 ziyadah minimal 17 halaman

Hari ke-13 ziyadah minimal 18 halaman

Hari ke-14 ziyadah minimal 19 halaman

Hari ke-15 ziyadah minimal 20 halaman

Hari ke-16 ziyadah minimal 21 halaman

Hari ke-17 ziyadah minimal 22 halaman

Hari ke-18 ziyadah minimal 23 halaman

Hari ke-19 ziyadah minimal 24 halaman

Hari ke-20 ziyadah minimal 25 halaman

Hari ke-21 ziyadah minimal 26 halaman

Hari ke-22 ziyadah minimal 27 halaman

Hari ke-23 ziyadah minimal 28 halaman

Hari ke-24 ziyadah minimal 29 halaman

Hari ke-25 ziyadah minimal 30 halaman

Hari ke-26 ziyadah minimal 31 halaman

Hari ke-27 ziyadah minimal 32 halaman

Hari ke-28 ziyadah minimal 33 halaman

Hari ke-29 ziyadah minimal 34 halaman

Hari ke-30 ziyadah minimal 7 halaman

TOTAL 604 HALAMAN

Keberhasilan Hafalan 30 Juz Sebulan

Apakah dikatakan gagal Peserta yang hanya mendapatkan setoran hafalan Al-Qur’an sebulan sebanyak 15 juz, ataupun 10 juz?

Tentu berapa juz pun hafalan yang didapatkan selama program karantina tahfizh, itu merupakan keberhasilan memperoleh amanah untuk kemudian dimuroja’ah.

Bagi pemula yang menghafal Al-Qur’an pada juz 30, 29, 28 memerlukan waktu rata-rata tiga hingga tujuh jam per halaman untuk bisa disimak hafalan satu halaman.

Biasanya para pemula dalam waktu 12 jam mampu menyimakan hafalan satu hingga empat halaman/hari pada juz ini. Kecuali jika tiga juz ini merupakan hafalan muraja’ah, biasanya satu sampai tiga hari selesai disimak kembali.

Saat peserta menghafal cepat juz satu sampai juz tiga memerlukan waktu kurang lebih satu sampai dua jam per halaman sehingga dalam 12 jam mampu menyetorkan hafalan antara delapan sampai 12 halaman per hari. Jika hafalan muraja’ah biasanya satu sampai lima hari selesai lima juz ini.

Selanjutnya menghafal cepat juz empat sampai juz 10 memerlukan waktu kurang lebih 30 menit sampai 60 menit per halaman sehingga dalam 12 jam mampu menyetorkan hafalan antara 15-24 halaman per hari untuk hafalan baru sedangkan hafalan muraja’ah biasanya satu sampai lima hari untuk selesaikan menyimak hafalan lima juz ini.

Ketika menghafal cepat juz 11 sampai 18 biasanya terjadi akselerasi yang signifikan. Biasanya memerlukan waktu kurang lebih 20-30 menit per halaman sehingga dalam 12 jam mampu menyetorkan hafalan 20 sampai 30 halaman per hari untuk hafalan baru. Dilanjutkan juz 19 sampai juz 27 biasanya di luar dugaan terjadi akselerasi menghafal Al-Qur’an memerlukan waktu kurang lebih lima sampai 20 menit per halaman sehingga dalam 12 jam mampu menyetorkan hafalan di atas 30 halaman per hari.

Metodologi karantina menghafal Al-Qur’an sebulan menargetkan hafalan selesai 30 juz dalam waktu sebulan. 

Target Harian Muroja’ah Hafalan Al-Quran

Hafalan ziyadah yang diperoleh selama sebulan merupakan tabungan hafalan yang harus dimuroja’ah secara bertahap dalam kehidupan sehari-hari.

Senin 5 halaman

Selasa 5 halaman

Rabu 5 halaman

Kamis 5 halaman

Jumat muraja’ah 1 Juz tersebut (Senin-Kamis)

Sabtu setorkan 1 Juz

Ahad Tilawah seluruh Juz yang telah dimutqinkan. dst sampai 30 juz.

Proses Muroja’ah Hafalan Alquran Secara Bertahap

Apabila hafalan Alquran belum Mutqin 30 juz maka lakukan secara bertahap:

– Siapkan per 5 juz andalan, 10, 15, juz andalan

– Siapkan maqra untuk jadi imam, sesuai tema isi kandungan ayat-ayat Al-Qur’an

– Idealnya tilawah Famibisyauqin meskipun binnazhar

– Pahala menghafal Al-Qur’an didapatkan dari banyaknya huruf yang dibaca.

– Hafalan Aquran tidak bisa lupa yang ada adalah tersimpan di dalam pikiran bawah sadar dan membutuhkan waktu 5-20 menit untuk melancarkanya kembali jika sebelumnya pernah dihafalkan.

Proses Muroja’ah Hafalan Alquran Program Mutqin

tahap ke-1 : proses menghafal Al-Qur’an di karantina tahfizh dengan target menghafal per halaman sampai selesai 30 juz atau semampunya;

tahap ke-2 : proses melancarkan hafalan Al-Qur’an dengan target setoran hafalan per lima halaman sekali setoran sampai selesai 30 juz;

tahap ke-3 : melancarkan hafalan per 10 halaman sekali majelis 30 juz;

tahap ke-4 : proses melancarkan hafalan per 20 halaman sekali majelis 30 juz;

tahap ke-5 : proses melancarkan per dua juz sampai 30 juz

tahap ke-6 : proses melancarkan per lima juz sampai 30 juz

tahap ke-7 : proses melancarkan per 10 juz sampai 30 juz

tahap ke-8 : proses melancarkan per 15 juz sampai 30 juz

tahap ke-9 : proses melancarkan per 30 juz dalam satu majelis

Tahapan muraja’ah seperti di atas hanya cocok dilakukan dalam program karantina mutqin tiga bulan. Sedangkan untuk menghafal Al-Qur’an di luar karantina tahfizh disesuaikan dengan keterbatasan waktu untuk ziyadah sekaligus muroja’ah secara beriringan.  

Misalnya per hari target mutqin lima halaman sebagai berikut: Senin lima halaman, Selasa lima halaman, Rabu lima halaman, Kamis lima halaman, Jumat muraja’ah halaman satu juz, Sabtu setoran muraja’ah satu juz, Ahad muraja’ah tilawah seluruh juz. Sedangkan hari Senin kemudian mulai menghafal juz selanjutnya sampai kemudian mendapatkan hafalan Mutqin lima juz andalan, 10 juz andalan, 15 juz andalan sampai mutqin 30 juz, Insyaa Allah.

Bahkan walaupun Sebulan hanya mendapatkan 5 juz saja itu pun keberhasilan yang patut disyukuri Lillahi Ta’ala dengan terus menerus muraja’ah dan menambah hafalan Al-Qur’an hingga ajal menjemput.

Di awal Karantina Tahfizh dibekali ikhtiar metode tahsin dan tahfizh sehingga peserta mendapatkan gambaran yang jelas mengenai menghafal Al-Qur’an disertai tadabbur terjemah yang menyebabkan Peserta betah berlama-lama bersama Al-Qur’an.

Yadi Iryadi, S.Pd.
Founder Metode Yadain Litahfizhil Qur’an
Dewan Pembina Yayasan Karantina Tahfizh Al-Qur’an Nasional

Informasi dan pendaftaran
www.hafalquransebulan.com

WA 081312700100

 

4 Responses

  1. Deden Anas berkata:

    Saya dengan Deden Anas, kebetulan sya ada usaha kecil2an kedai si rumah, mhn bimbingannya saya ingin berbagi disaat setiap jum’at sy ingin membuat program setoran hafalan Alqur’an dmulai dari juz 30 dg memberikan gratis makanan/minuman, kebetulan pembeli saya d sekitaran rumah anak2 kecil..,

  2. Ummi Arifah berkata:

    Saya dulunya sudah menghafal AlQur an.. tp tdk sampai hatam karena menikah. stelah menikah belum melanjutkan hafalan sampai punya 2 anak. Dan sekarang sy mau melanjutkan lagi.. Mohon bimbingannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *