Murojaah Binnazhar dan Hafalan Mutqin 30 Juz

Hafal Quran Sebulan

Murojaah Binnazhar dan Hafalan Mutqin 30 Juz

24 July 2017 Artikel 4

Berikut ini akan diuraikan bagaimana prosedur murojaah binnazhar dan hafalan mutqin 30 Juz setelah menghafal Al-Quran sebulan 30 juz di program www.hafalquransebulan.com.

Murajaah berasal dari kata رجع يرجع raja’a-yarji’u artinya kembali. Istilah Murajaah adalah proses mengulangi hafalan atau membaca kembali secara rutin ayat-ayat Al-Quran yang sudah dihafalkan. Murojaah adalah aktivitas rutin para penghafal Al-Quran yang bertujuan agar hafalan senantiasa terjaga dan mendapatkan pahala dari setiap huruf yang dibaca.

Binnazhar berasal dari kata نظر ينظر  artinya melihat. Sehingga binnazhor artinya membaca Al-Quran sambil melihat mushaf. Proses membaca Al-Quran ini memiliki keutamaan yaitu ketelitian saat membaca agar pada saat menghafal bacaannya bisa sesuai kaidah tajwid. 

Muraja'ah binnazhor

Berikut ini target minimal tilawah binnazhar dan muraja'ah mutqin alumni karantina tahfizh:

1- Jika hafal 1-5 juz, maka muraja’ahnya 1/2 juz per hari

2- Jika hafal 5-10 juz, maka muraja’ahnya 1 juz per hari

3- Jika hafal 10-15 juz, maka muraja’ahnya 1,5 juz per hari

4. Jika hafal 15-20 juz, maka muraja’ahnya 2 juz per hari

5. Jika hafal 20-25 juz, maka muraja’ahnya 2,5 juz per hari

6. Jika hafal 25-30 juz, maka muraja’ahnya 3 juz per hari

Hafalan Al-Quran Murojaah Mutqin 

Arti mutqin adalah kuat melekat dan benar, agar hafalan menjadi mutqin memerlukan upaya intensif yang terus menerus. Menghafal Al-Quran tidak cukup hanya dengan satu kali khatam setoran hafalan. Itu baru permulaan saja. Saat penghafal Al-Quran sering mengkhatamkan bacaan Al-Quran maka hafalan pun menjadi lebih lancar.

Tujuan menghafal Al-Quran yaitu untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan yang terdapat padanya. Perilaku para penghafal Al-Quran hendaknya dapat mengikuti petunjuk Al-Quran. Padanya terdapat petunjuk antara perintah dan larangan. Memahami Al-Quran dan menjadikannya rumusan aturan kehidupan merupakan jalan menuju kesuksesan dunia dan akhirat.

Hafalan mutqin dapat menjadi pembeda sekaligus indikator kemurnian niat menghafal Al-Quran hanya karena Allah Subhanahu Wata’ala. Kedekatan interaksi mengkaji Al-Quran merupakan ciri seorang hamba dekat dengan Allah Subhanahu Wata’ala.

Siapa pun akan dimudahkan untuk menghafal Al-Quran asalkan mau menghafalkannya. Agar hafalan dapat mutqin maka harus istiqamah dalam mengulang hafalan Al-Quran disertai penerapan makna-maknanya dalam kehidupan. Tentu saja penerapan makna-makna Al-Quran yang sudah jelas perintah dan larangannya. Adapun ayat-ayat yang memerlukan penjelasan detail dapat membuka buku tafsir atau lebih utama jika bertanya kepada guru yang lebih mahir di bidangnya.

Hendaknya pemula yang baru wisuda karantina tahfizh melancarkan kembali per-5 halaman/hari atau seminggu mutqin 1 juz hafalan sampai 30 juz.

Jika sudah khatam 30 juz, maka mulailah per-10 halaman sampai 30 juz,

kemudian per-juz sampai 30 juz,

per-2 juz sampai 30 juz,

per-3 juz sampai 30 juz,

per-5 juz sampai 30 juz,

per-10 juz sampai 30 juz,

per 15 juz sampai 30 juz

dan 30 juz sekali majelis setoran.

Selanjutnya mengamalkan muraja'ah FAMI BISYAUQIN

Kelancaran hafalan Al-Qur'an merupakan karunia dari Allah Subhanahu Wata'ala. Sedangkan kita hanya melakukan ikhtiar saja. Selebihnya terserah bagaimana Allah saja hasilnya.

Program karantina mutqin artinya kegiatan karantina tahfizh untuk menguatkan, melekatkan hafalan dengan benar, agar hafalan menjadi mutqin memerlukan upaya intensif yang terus menerus. Dalam program mutqin peserta karantina tahfizh menyetorkan hafalan per 5 halaman, per 10 halaman, per juz, per 5 juz, per 10 juz, per 15 juz, dan 30 juz dalam satu majelis dalam program tersebut.

Informasi dan pendaftaran calon peserta karantina tahfizh angkatan selanjutnya silakan hubungi 081312700100 atau langsung isi formulir online di www.hafalquransebulan.com

4 Responses

  1. Puji salamah says:

    Assalamualaikum ustadz bol3h nanya tidak tentang penanganan sistem mutqin bagaimana..syukron

    • admin says:

      Wa’alaikumsalam, hafalan yang sudah dikhatamkan 30 juz dengan metode yadain biasanya bisa dikembalikan kelancarannya dalam waktu 5-15 menit per halaman, paling lama 20-30 menit per halaman. Sehingga target sebelum dzuhur 10 halaman dan target setelah dzhuhur sampai jam 9 malam 10 halaman sehingga 1 hari mutqin 1 juz. Proses ini dilakukan selama sebulan sehingga mutqin 3 bulan 30 juz insyaa Allah.

  2. Khairunnisa says:

    Assalamualaikum,saya mau tyk klo misalnya kita blum bisa pondok,tpi niat kita ada untuk hafal Al-Qur’an.caranya gimana biar bisa hafal nya,diwaktu yang lain kita harus buat pr dari sekolah,apalgi sekarang sekolah pake daring(online)jadi kadang waktu itu terlalu habis berkurang buat kerjain pr.blom lgi kita bantu or tua .mohon penjelasannya agar kita dirumah tpi tetap bisa hafal Al-Qur’an.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *