Tidak Hobi Membaca

Hafal Quran Sebulan

Tidak Hobi Membaca

Belum mau hobi membaca?

Jika seseorang tidak hobi membaca maka pikirannya akan liar bergumul dengan pikiran sendiri yang cenderung tidak positif. Akan tetapi, jika engkau rajin membaca maka pikiranmu akan seperti apa yang kau baca. Itu pula yang akan mempengaruhi pikiran, perasaan, pilihan tindakanmu, dan nasibmu.

Terserah apa bacaanmu!

Mungkin bacaanmu status facebook, artikel website, berita hoax, meme hoax, ujaran kebencian, curhatan korban kezaliman, kecurangan, atau pun bacaan kitab suci Al-Qur’an dan ilmu pengetahuan.

Semua itu akan mempengaruhi pikiran, perasaan dan tindakanmu. Mau tidak mau itu pasti berpengaruh terhadap pilihan tindakan dan nasibmu.

Mau seperti apa dirimu?…
Tentukan apa bacaanmu!

Rasulullah di awal penurunan wahyu Al-Qur’an disuruh untuk membaca!… Maka tentukan apa bacaanmu!..

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ

Artinya: “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan (Q.S. Al-‘Alaq: 1).

Di abad modern ini bacaan, tontonan, dan pergaulan itu, mau tidak mau akan mempengaruhi dirimu.

Seperti halnya sebagian dilansir di https://manfaat.co.id/manfaat-membaca-buku, berikut ini merupakan manfaat membaca buku.

Di bawah ini merupakan manfaat membaca bagi orang yang hobi membaca buku.

  1. Mampu Menstimulasi Mental

Mental merupakan software dari perangkat tubuh yang dinamakan dengan otak. Orang yang hobi membaca buku maka otak akan tetap aktif sesuai fungsinya. Fungsi otak akan baik dan benar apabila rajin dilatih atau distimulasi melalui aktivitas membaca buku. Bahkan menurut penelitian ilmiah menunjukkan bahwa kebiasaan membaca buku dapat merangsang mental dan aktivitas berpikir sehingga mencegah penyakit Alzheimer dan demensia.

  1. Mampu Mengurangi Stress

Aktivitas manusia berupa rutinitas harian cukup melelahkan sehingga menimbulkan stres. Kegiatan membaca selama beberapa menit per hari dapat membantu mencegah hormon stress seperti kortisol. Aktivitas membaca membuat pikiran lebih santai sehingga menurunkan tingkat stress hingga 67%.

Selain merelaksasikan pikiran, bacaan dapat membawa kedamaian batin serta ketenangan pikiran. Kebiasaan membaca buku menurunkan tekanan darah serta dibuktikan mengurangi bad mood tertentu dan gangguan mental ringan.

  1. Meluaskan Wawasan dan Ilmu Pengetahuan

Aktivitas membaca buku merupakan proses mengisi pikiran mengenai berbagai macam informasi baru yang kemungkinan besar dapat berguna nantinya. Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki, maka akan semakin siap menghadapi tantangan hidup baik dimasa sekarang maupun di masa depan.

Ilmu pengetahuan sangat berharga. Cerita maupun ide-ide yang tertuang pada buku yang dibaca dapat membantu untuk membuka jalan pikiran agar lebih mengenal dunia lain, mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari sebelumnya.

  1. Memperkaya Kosakata Bahasa

Kebiasaan membaca buku dapat memudahkan untuk mendapatkan penjelasan mengenai hal-hal yang belum diketahui. Penambahan kosakata bisa digunakan dalam kehidupan keseharian. Tentu saja kebiasaan membaca sangat membantu untuk mengartikulasikan, membantu penyampaian pendapat dengan bahasa yang lugas, bahkan menambah rasa percaya diri saat berbicara dengan orang lain maupun dihadapan publik.

  1. Meningkatkan Kualitas Memori

Kebiasaan membaca dapat meningkatkan kualitas ingatan. Informasi satu dengan yang lainnya seringkali berkaitan sehingga lebih menguatkan ingatan yang telah ada digabungkan dengan ingatan yang baru masuk ke dalam memori. Selain itu, bahkan kegiatan membaca dapat menstabilkan suasana hati seseorang.

Aktivitas membaca buku membantu melatih otak secara maksimal. Apabila dibandingkan denganmenonton televisi atau mendengarkan radio membaca buku akan lebih baik dalam peningkatan daya ingat. Presiden direktur riset Haskins Laboratories bernama Ken Pugh, PhD menyatakan bahwa kebiasaan membaca buku mampu memacu otak agar berpikir dan konsentrasi.

  1. Melatih Ketrampilan untuk Berfikir dan Menganalisa

Kebiasaan baca buku melatih otak untuk berfikir lebih kritis maupun menganalisa adanya suatu masalah yang tersaji pada bacaan. Pembaca seperti mendapat suatu akses atau jalan untuk masuk pada alur cerita serta membantu penyelesaian alur cerita tersebut. Selain itu, juga dapat melatih dan membentuk karakter di masa mendatang.

  1. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Saat buku dibaca maka terjadi proses latihan dalam otak agar lebih fokus dan konsentrasi pada alur bacaan. Latihan ini membuat lebih fokus dalam mengatasi berbagai aktivitas sehari-hari berdasarkan referensi yang dibaca.

  1. Meningkatkan Kualitas Tulisan

Kosakata yang didapatkan dari proses membaca dapat meningkatkan perbendaharaan kata yang kemudian dapat dituangkan kembali dalam bentuk tulisan atau pun lisan dalam bentuk kata-kata. Seiring bertambahnya kosakata yang telah dibaca maka otomatis sangat membantu dalam proses pembuatan karya tulis dengan gaya bahasa sendiri. Bahkan bisa lebih baik dari apa yang telah dibaca sebelumnya.

  1. Meluaskan Pemikiran

Seorang yang hobi membaca buku akan memiliki kreativitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang kurang suka membaca. Orang yang terbiasa membaca buku dapat berbagi pengalaman dengan orang lain mengenai berbagai macam hal yang berkaitan dengan materi bacaan. Bahkan, hasil bacaan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan saat memutuskan suatu perkara.

  1. Meningkatkan Hubungan Sosial

Hobi membaca buku dapat mempengaruhi aspek kehidupan sosial. Kebiasaan membaca dapat lebih mengenal berbagai macam karakteristik, budaya, maupun kehidupan sosial suatu masyarakat. Apabila suatu saat ia berkunjung ke tempat tersebut, maka ia telah mengetahui bagaimana cara bersikap untuk menghormati adat serta kebudayaan setempat.

  1. Mendorong Pencarian Tujuan Hidup

Penelitian oleh Ohio State University menyatakan bahwa orang yang hobi membaca buku dapat memudahkan untuk mendapatkan motivasi yang berguna mengatasi berbagai macam hambatan, artinya membantu proses mencapai tujuan hidup.

  1. Membaca sebagai Ibadah

Membaca merupakan salah satu aktivitas menuntut ilmu. Terlebih yang dibaca merupakan pelajaran agama Islam dan ilmu pengetahuan yang berguna bagi dirinya baik dalam kehidupan dunia maupun yang manfaatnya dirasakan di akhirat. Hendaknya membaca diniatkan sebagai ibadah. Bahkan apabila bacaan yang dibaca adalah Al-Qur’an maka pahalanya dinilai dari setiap huruf yang dibaca. Mengenai pembahasan manfaat membaca Al-Qur’an ada pada artikel lainnya di website ini.

Agar memiliki kebiasaan hobi membaca terlebih hobi membaca Al-Qur’an maka disarankan agar mengasingkan diri selama sebulan untuk fokus menghafal Al-Qur’an 30 juz dalam program hafal Al-Qur’an sebulan di Yayasan Karantina Tahfizh Al-Qur’an Nasional. Tanpa dibatasi usia dan profesi Anda saat ini bahkan Anda pun bisa memulai untuk hobi membaca Al-Qur’an.

Yadi Iryadi, S.Pd
Dewan Pembina Yayasan Karantina Tahfizh Al-Qur’an Nasional
Founder Metode Yadain LItahfizhil Qur’an
www.hafalquransebulan. com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *