Merokok, Meditasi, dan Membaca Al-Quran

Hafal Quran Sebulan

Merokok, Meditasi, dan Membaca Al-Quran

30 July 2021 Artikel 0

Merokok, Meditasi, dan Membaca Al-Quran

Seperti halnya membaca Al-Quran, aktivitas merokok juga bagus karena berkaitan dengan proses menarik nafas panjang perlahan dan menghembuskan nafas panjang perlahan. Merokok itu baik untuk kesehatan dengan syarat rokoknya tidak dinyalakan.

Aktivitas menarik nafas dan menghembuskan nafas secara panjang dan perlahan-lahan merupakan kegiatan utama dalam meditasi olah raga pikiran, perasaan, dan aktivitas fisik.

Meditasi adalah merenungkan, berasal dari bahasa Latin “meditatio”. Istilah Maderi artinya kesehatan dari kata ini pula diserap kata medisin. Meditasi secara umum jelas baik bagi kesehatan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pemusatan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu. Jadi bermeditasi adalah memusatkan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu. Dalam Alkitab bahasa Inggris perkataan tersebut diterjemahkan sebagai Meditation.
 
Pandangan umum dalam berbagai ajaran agama menyatakan bahwa, orang yang rajin meditasi akan diberikan sesuatu yang lebih baik daripada orang yang berdoa tanpa khusyu'. Biasanya meditasi mengandalkan keheningan pikiran dan olah nafas. Meditasi dalam ajaran agama Islam yang paling mirip adalah ibadah dengan membaca Al-Qur'an disertai tadabbur.
 
Membaca Al-Qur'an merupakan meditasi terbaik dalam agama Islam. Jika saja aktivitas otak diteliti dengan electroencephalogram (EEG). Maka akan tampak mukjizat membaca Al-Qur'an. Namun rasakan saja apa yang dirasakan ketika membaca Al-Qur'an disertai tadabur. Al-Qur'an disebut mirip dengan meditasi karena melibatkan tarikan nafas… hembusan nafas… getaran pada gunnah… konsisten dengan pembacaan mad… fasih dalam pengucapan huruf-huruf… hal ini memungkinkan efek lebih dahsyat dibandingkan meditasi pada umumnya. Karena yang dibaca merupakan kalamullah.
 
Sangat wajar apabila orang-orang yang terbiasa membaca ayat-ayat Al-Quran sesuai tajwid, ditambah dengan tadabbur terjemah, akan menyehatkan pikiran, perasaan, dan tubuh fisik.
 
Apabila Anda sudah yakin memutuskan untuk berhenti merokok maka berhentilah. Jika sudah berusaha keras untuk berhenti, tetapi tidak berhasil juga perlu bantuan terapis. Saat Anda berada di karantina tahfizh ada fasilitas coaching untuk berhenti merokok. Entah berhenti merokok secara temporer atau berhenti selamanya Insyaa Allah bisa dipesan sesuai niat Anda.
 
Antara aktivitas merokok, meditasi, dan membaca Al-Quran. Aktivitas manakah yang akan Anda lakukan demi menjaga kesehatan Anda dan keluarga Anda?…

“Al-Qur'an ya?”

“Ya.” Bacalah Al-Quran dengan niat ibadah. Tarik nafas dalam-dalam, bunyikan huruf-huruf Al-Quran, dan hembuskan perlahan-lahan sesuai dengan batas waqaf-waqafnya. Syukur kalau ikut karantina tahfizh, sekaligus aktivitas menghafalkan Al-Quran.

Selamat menikmati tahsin, tahfizh, dan tadabbur Al-Quran di Yayasan Karantina Tahfizh Al-Quran Nasional Kuningan Jawa Barat. Informasi dan Pendaftaran Karantina Hafal Quran Sebulan klik https://www.hafalquransebulan.com atau WA https://wa.me/6281312700100

Jika dirasa bermanfaat, silakan like, comment & share!…

Yadi Iryadi, S.Pd.
Dewan Pembina Yayasan Karantina Tahfizh Al-Quran Nasional
Founder Metode Yadain Litahfizhil Quran

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *