Menghafal Al Qur’an mulai dari mana?

Hafal Quran Sebulan

Menghafal Al Qur’an mulai dari mana?

21 November 2021 Artikel 0
Dauroh Karantina Tahfizh Al-Quran - YKTN

Menghafal Al Qur’an mulai dari mana? Menghafal Al Quran 30 juz atau pun sebagiannya merupakan salah satu amalan paling baik bagi umat Islam. Bingung mau belajar Al Quran di mana?

Al-Quran merupakan inti dakwah Rasulullah. Semua ajaran agama Islam intinya terdapat pada Al Quran. Adapun Hadits merupakan penjelasan Rasulullah atas petunjuk dari Allah Subhanahu Wata’ala juga.

Dahulu Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam membina para sahabat dengan Al Quran dan Sunnah sehingga mereka mampu menaklukkan dunia, membebaskan perbudakan, mengangkat derajat manusia serta menghilangkan kemusyrikan dan memurnikan ketaatan hanya kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Semua itu dibuktikan oleh generasi sahabat yang menjadi tokoh-tokoh teladan yang belum ada tandingannya. Kemudian secara estafet Al Quran dan Sunnah diajarkan pula pada generasi tabi’in, tabiu’tabi’in sehingga sampai kepada zaman kita.

Begitu banyak keutamaan yang dijanjikan Allah Subhanahu Wata’ala bagi siapa saja yang mempelajari Al Quran. Semoga ini akan menjadi dasar motivasi yang kuat untuk menghafal Al-Qur’an ikhlas karena mengharap Ridha Allah Subhanahu Wata’ala.

Masyarakat muslim saat ini semakin berminat menghafal Al Quran baik di pesantren, sekolah, rumah tahfizh, maupun komunitas-komunitas pecinta Al-Qur’an. Ini merupakan indikasi kemajuan bidang dakwah untuk selalu berpedoman pada Al-Qur’an dan Sunnah menurut pemahaman para ulama sebagaimana generasi terdahulu.

Menghafal Al Qur’an mulai dari mana?

Saat abad modern ini menghafal Al Quran sudah diwariskan oleh para pendahulu kita. Saat ini ada banyak program tahfidz Quran yang dapat diikuti. Cara mudah dan cepat menghafal Alquran di setiap lembaga pendidikan memiliki karakteristik masing-masing. Berikut ini akan dibahas karakteristik tersebut sehingga dapat disesuaikan dengan keleluasaan dan kesempatan waktu masing-masing.

Cara menghafal Al Qur’an di berbagai lembaga pendidikan tahfidz memiliki perbedaan disesuaikan dengan kurikulum dan durasi lama belajar. Cepat menghafal Al Quran bukan berarti setelah hafal kemudian ditinggalkan. Mulai dari ayat pertama hingga hafal 30 juz tetap harus dilakukan pengulangan. Hafal Al Quran merupakan proses terus menerus sampai akhir hayat.

Berikut ini merupakan pilihan tempat untuk mengikuti program tahsin dan tahfidz Quran:

Pondok Pesantren Tahfidz Al-Quran dari Juz ‘Amma

Idealnya menghafal Alquran dilakukan di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Quran. Biasanya tanpa disertai pendidikan formal. Menghafal Quran di pesantren dapat dilakukan dalam waktu yang panjang misalnya tiga sampai enam tahun.

Tentu saja materi pelajaran yang diperoleh bukan hanya tahsin dan tahfizh quran melainkan berbagai ulumul quran dan ulumul hadits lainnya yang kemudian dikelompokkan pada ilmu Tauhid, Tafsir, Hadits, Fiqih, Ushul Fiqh, Tashawuf, Bahasa Arab (Nahwu, Sharaf, Balagah, dan Tajwid), Mantiq, Akhlak, dan sebagainya.

Juz ‘Amma yaitu juz 30 biasa dijadikan sebagai target awal untuk menghafal Al-Quran. Biasanya di pondok pesantren Tahfidz Al-Quran dari juz ‘Amma terlebih dahulu, dengan perincian sebagai berikut: mulai dari juz 30, 29, 28, 27, 26 kemudian mengawali dari juz 1 dan khatam di juz 27. Ada juga yang menggunakan pola juz 30 terlebih dahulu kemudian juz 1 sampai khatam di juz 29. Intinya di pondok pesantren targetnya hafalan lancar 30 juz dengan cara menghafal Al-Quran 1 halaman per hari dan mengulang 10 halaman kemarin disertai tilawah 10 halaman yang belum dihafalkan. Waktu menghafal leluasa dan durasinya lama.

Target menghafal Al-Quran di pesantren yaitu 30 juz. Biasanya santri tidak pulang kalau belum sampai 30 juz. Bahkan apabila sudah khatam 30 juz pun tetap harus mengabdi mengajarkan ilmunya pada adik kelas mereka. Hal ini merupakan proses pengkaderan agar kelak sudah siap mengamalkan ilmunya di masyarakat.

Hafalan Al-Quran 30 juz akan menunjang ilmu-ilmu lainnya. Oleh karena itu, untuk menjadi ulama maka menghafal Al-Quran di pondok pesantren merupakan tempat yang paling ideal.

Ektrakurikuler tahfidz Quran di Sekolah / Kampus

Menghafal Al-Quran di sekolah Islam terpadu biasanya sudah masuk ke dalam kurikulum sekolah. Adapun program tahfizh di kampus biasanya merupakan program ekstrakurikuler tahfidz quran. Biasanya di kampus-kampus Islam terdapat beasiswa misalnya beasiswa hafal quran 5 juz gratis SPP satu semester atau bahkan gratis sampai lulus untuk mahasiswa yang Hafizh Al-Quran 30 juz. Informasi tersebut biasanya viral di internet dan dapat digoogling saja.

Biasanya Sekolah Islam Terpadu menargetkan hafalan pada siswa siswinya yaitu 3 tahun 3 sampai 5 juz. Hal ini disebabkan karena kurikulum pelajaran di Sekolah Islam Terpadu / Pesantren Modern sudah cukup banyak.

Hafalan yang ditargetkan biasanya juz 30, 29, 28, 27, dan 26. Ada juga sekolah yang menargetkan juz 30, 29, 28, dan surah pilihan seperti surah Yasin, Ar-Rahman, Al-Waqi’ah, Al-Mulk, As-Sajadah, dan Al-Kahfi.

Apabila siswa siswi ingin mencapai hafalan 30 juz maka tidak cukup menghafal Al-Quran pada jam pelajaran. Mereka harus ikut pula dalam kegiatan ekstakurikuler tahfidz Quran di sekolah /kampusnya.

Mengaji di Masjid atau Madrasah Diniyah

Anak hafal Quran biasanya rajin mengaji di masjid atau di Madrasah Diniyah. Biasanya diawali dari hafalan Alquran juz ‘Amma atau juz 30. Anak-anak lebih ditekankan untuk mempelajari fiqih harian seperti bacaan shalat dan hafalan surah-surah pendek. Selain itu, terdapat pula pelajaran Al-Quran Hadits, Aqidah Akhlak, Fiqih, Sejarah Islam, dan Bahasa Arab.

Madrasah diniyah ada tiga tingkatan yakni; diniyah awaliyah setara Sekolah Dasar, diniyah wustho setara usia murid SMP, dan diniyah ulya setara usia murid SMA.

Rumah Tahfidz Al Quran

Mulai tahun 2009 dipopulerkan oleh Ustadz Yusuf Mansur. Sistem menghafal Al-Quran yang dilakukan di rumah yang sengaja secara khusus membuka program tahfidz Al-Quran.

Anak-anak yang biasanya bermain di sore hari dapat diberdayakan untuk belajar agama dan menghafalkan Al-Quran di rumah tahfidz. Untuk menghafal Al Quran diperlukan komitmen agar dapat hadir secara rutin di rumah tahfidz. Biasanya dilakukan pada hari Senin sampai Kamis setiap sore ba’da Ashar.

Di tempat lain bahkan ada yang hari Jum’at, Sabtu, dan Ahad. Hal ini biasanya telah disepakati terlebih dahulu oleh guru dan murid berdasarkan situasi dan kondisi setempat.

Menghafal Al-Quran di Rumah Tahfidz metodenya diserahkan pada kreatifitas gurunya. Terkadang menggunakan game hafal quran atau hafal quran otak kanan, misalnya menghafal Al-Quran sambil bermain tebak tebakan.

Rumah Tahfidz Quran terdekat bisa menjadi alternatif untuk menghafalkan Al-Quran. Target hafalan biasanya tergantung dari minat murid-muridnya. Apabila serius maka bisa memperoleh lebih dari 5 juz dalam satu tahun.

Program Dauroh Quran/ Karantina Tahfizh

Kegiatan dauroh Quran 30 hari hafal quran biasanya dilaksanakan pada saat liburan sekolah. Begitu pula dengan program karantina tahfizh. Program ini memiliki kesamaan sistem namun di dalamnya terdapat perbedaan metode. Sebelum mengikuti programnya alangkah lebih baiknya apabila mempelajari terlebih dahulu gambaran dauroh tahfidz atau karantina tahfidz Al-Quran.

Dauroh Karantina Tahfizh Al-Quran - YKTN

Dauroh Karantina Tahfizh Al-Quran – YKTN

Yayasan Karantina Tahfizh Al-Quran Nasional membuka berbagai pilihan program menghafal Quran, diantaranya:

Program yang diselenggarakan diantaranya:

Karantina Tahfizh Sabtu Minggu Tahsin Tuntas

Program yang biasa diikuti oleh orang-orang yang baru berhijrah dan ingin belajar membaca Al-Quran atau disertai target hafalan 1 Juz.

Karantina Tahfizh Sepekan menghafal Al-Qur’an 5 Juz

Program yang biasa diikuti oleh masyarakat muslim untuk menghafal Al-Quran bersama keluarga dengan target 5 Juz.

Karantina Tahfizh Sepekan menghafal Al-Qur’an 10 Juz

Program karantina yang biasa diikuti oleh pelajar, mahasiswa, wiraswasta, dan profesional dalam rangka mengisi liburan target 10 juz.

Karantina Tahfizh Sebulan menghafal Al-Qur’an 30 Juz

Program unggulan cara cepat menghafal Al Qur’an yang dapat diikuti oleh berbagai usia, profesi, dan latar belakang untuk menghafal Al-Quran target 30 Juz.

Karantina Tahfizh 3 Bulan Mutqin

Program khusus lanjutan yang dapat diikuti oleh alumni karantina tahfizh maupun alumni pondok pesantren untuk murojaah mutqin target 30 Juz.

Hafalan yang dihasilakan di Karantina tahfidz merupakan khataman perdana untuk setoran hafalan per halaman. Setelah khatam 30 juz per halaman kemudian dilanjutkan setoran hafalan per 5 halaman, kemudian per 10 halaman dan setoran hafalan per juz. Apabila ujian maka setoran hafalan dilakukan per 5 juz, 10 juz, per 15 juz, dan 30 juz dalam satu kali majelis.

Hafalan Al-Quran sebulan merupakan hafalan perdana yang masih memerlukan murojaah serius secara intensif. Oleh karena itu, adanya program mutqin 3 bulan menggenapkan proses Karantina tahfizh Menjadi 4 bulan. Namun istilah Karantina Hafal Quran Sebulan lebih dipopulerkan mengingat tidak setiap orang berkesempatan meluangkan waktu 4 bulan.

Tahfidz Online WhatsApp 2021

Berikut ini merupakan ketentuan Tahfidz Online via WhatsApp 2021 di Yayasan Karantina Tahfizh Al-Quran Nasional:

1. Target menghafal Al-Quran 1 bulan 1 juz Insyaa Allah 30 Juz Mutqin dalam 3 tahun.

2. Mempelajari Metode Yadain Litahfizhil Quran melalui Video Google Classroom.

3. Target hafalan Al-Quran 1 halaman per hari durasi maksimal 15 menit untuk hafalan baru atau 5 halaman muraja’ah

4. Apabila hafalan melebihi target 1 juz maka diutamakan mengulang hafalan yang sudah dihafalkan.

5. Alamat pendaftaran www.hafalquransebulan.com/tahfidz-online

6. Sertifikat apresiasi hafalan per bulan minimal 1 juz.

7. Syahadah diberikan pada peserta yang menyelesaikan hafalan 30 juz.

8. Ujian hafalan setiap 1 juz, 5 juz, 10 juz, 15 juz, 30 juz.

9. Paket berisi Al-Quran Yadain, Mutaba’ah dan Goodybag dan termasuk biaya pendaftaran Rp 150.000, belum termasuk ongkos kirim paket dan sertifikat/syahadah (konfirmasi terlebih dahulu).

10. Alumni yang sudah memiliki paket tidak diwajibkan untuk membeli paket lagi.

11. Setiap peserta mendapatkan 1 kali setoran maksimal 15 menit/hari dengan SPP Rp 350.000,- / bulan.

12. Penambahan 1 jadwal setoran harian dikenakan biaya administrasi waktu Rp 100.000,-/ bulan.

13. Tahfidz Al Quran WhatsApp Video Call harus sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

14. Setiap hari Jum’at liburan tasmi’ dapat digunakan untuk muraja’ah mandiri.

15. Ada masa jeda 7 hari pada setiap selesai program sebulan sehingga dapat digunakan untuk menguatkan hafalan sebelum menambah pada hafalan baru.

Tahfidz Online - Karantina Tahfizh Online

Tahfidz Online – Karantina Tahfizh Online

Autodidak di Rumah Pribadi

Menghafal Al Quran bisa dilakukan secara autodidak di rumah, dengan syarat sudah memiliki skill membaca Al-Quran sesuai kaidah tajwid, atau sebagai sarana pengulangan hafalan yang sebelumnya sudah disimak oleh guru tahfizh Al-Quran. Intinya bahwa, menghafal autodidak di rumah hanya untuk selalu menjaga hafalan Al-Quran agar tetap lancar.

Penghafal Al Quran pemula tidak boleh belajar secara autodidak dalam menghafal Al Quran. Harus ada guru tahfidz yang membimbing bacaan dan hafalan Al Quran. Meskipun bacaan Al Quran sudah mampu dilakukan, tetap saja ada ayat-ayat tertentu yang memerlukan contoh pengucapan dari guru yang fasih membaca Al Quran.

Metode hafal quran untuk anak bisa dilakukan di rumah dengan cara orang tuanya mengajarkan bacaan dan hafalan Al-Quran melalui MP3. Membuat jadwal hafalan dan melaksanakannya dengan penuh komitmen. Tidak ada cara menghafal Al-Quran instan. Semua pasti ada prosesnya yaitu belajar dan mengajarkan Al-Quran.

Mengundang ustadz atau guru tahfidz ke rumah dan mengumpulkan anak-anak, saudara, dan tetangga untuk ngaji di rumah Anda juga merupakan upaya yang mulia, Insyaa Allah.

Dengan cara apa pun dan dimana pun menghafalkan Al-Quran merupakan ibadah yang dimuliakan. Bahkan Al-Quran akan menjadi syafaat di hari kiamat.

Apakah mungkin belajar membaca Al-Quran secara otodidak?

Insyaa Allah bisa saja, dan apabila sudah agak lancar maka datangilah guru Al-Quran untuk memastikan bahwa hasil pembelajaran otodidak tersebut sudah sesuai dengan bacaan yang seharusnya atau belum sesuai?…

Media belajar:

– Buku Iqra atau lainnya

– Video Youtube belajar baca Al-Quran pemula

– Keseriusan untuk belajar otodidak

Apabila sudah lancar maka segeralah belajar dengan guru Al-Quran. Ini meringankan tugas guru Al-Quran. Tidak apa-apa berbagi pahala buat para Youtuber Quran.

Kalau sudah bisa baca Al-Quran dan mau menghafal Al-Quran silakan bisa lihat informasinya di www.hafalquransebulan.com

Yadi Iryadi, S.Pd,

Dewan Pembina Yayasan Karantina Tahfizh Al-Quran Nasional

Founder Metode Yadain Litahfizhil Quran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *