Khutbah Jumat: Para Penghafal Al-Quran Dijaga oleh Allah

Hafal Quran Sebulan

Khutbah Jumat: Para Penghafal Al-Quran Dijaga oleh Allah

1 July 2021 Artikel Khutbah Jumat 0

Khutbah Jumat: Para Penghafal Al-Quran Dijaga oleh Allah

Khutbah I

 اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ, وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَـمَّدٍ رَسُوْلِ اللهِ, وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهُ, وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ, وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَـمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ ,لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ, أَمَّا بَعْدُ, فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ, الْعَلِيِّ الْقَدِيْرِ الْقَائِلِ فِيْ مُحْكَمِ كِتَابِهِ: وَاَنْفِقُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلَا تُلْقُوْا بِاَيْدِيْكُمْ اِلَى التَّهْلُكَةِ وَاَحْسِنُوْا ۛ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ 

Jamaah Jumat yang dirahmati Allah,

Pada kesempatan yang mulai ini, mari senantiasa kita meningkatkan ketakwaan kepada Allah ﷻ. Pengertian takwa yaitu:

 امْتِثَالُ أَوَامِرِ اللهِ وَاجْتِنَابُ نَوَاهِيْهِ سِرًّا وَعَلَانِيَّةً ظَاهِرًا وَبَاطِنًا 

Yakni melaksanakan segala perintah Allah ﷻ dan menjauhi segala larangan-Nya baik dalam keadaan sepi maupun ramai, lahir dan juga batin. Menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya harus benar-benar ikhlas dilakukan karena Allah ﷻ

Pentingnya untuk terus memperkuat dan meningkatkan ketakwaan inilah yang menjadikan para khatib shalat Jumat wajib untuk mengingatkan jamaah, wabil khusus khatib sendiri tentang peningkatan ketakwaan.

Jamaah Jumat yang dirahmati Allah,

Di tengah duka yang menyelimuti seluruh penjuru dunia dengan maraknya Covid-19, penyakit yang diakibatkan virus SARS-CoV-2 dan baru-baru ini bermunculan varian virus lainnya, kita harus terus meningkatkan iman dan imun kita dengan menerapkan protokol kesehatan dan juga berdoa kepada Allah, semoga wabah ini segera berlalu.

Kasus positif Covid-19 belakangan ini justru sedang mengalami lonjakan di Indonesia. Kondisi ini harus disikapi serius oleh seluruh elemen bangsa dengan tidak lengah dan tidak lelah dalam menerapkan protokol kesehatan.

Jangan sampai kita menjadi bagian dari individu yang membuat diri kita dan orang lain masuk dalam kesengsaraan. Allah ﷻ berfirman dalam QS Al-Baqarah: 195:

وَلَا تُلْقُوْا بِاَيْدِيْكُمْ اِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَاَحْسِنُوْا ۛ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ 

Artinya:

“Dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri, dan berbuat baiklah. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”

Kita perlu menyadari bahwa pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh penjuru dunia ini harus dihadapi bersama yang dimulai dari setiap individu. Akan tidak berguna ketika pemerintah mengingatkan untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan namun hanya sebagian orang yang melaksanakannya, sementara yang lain bersikap abai. Sikap abai ini tidak hanya mengancam kesehatan dirinya tapi juga mengancam keselamatan orang lain.

Jamaah Jumat yang dirahmati Allah,

Memang kita semua merasakan bahwa penerapan protokol kesehatan yang selama ini kita lakukan sangat melelahkan. Berbagai kegiatan yang biasa dilakukan secara normal, harus dibatasi dengan penerapan new normal atau tatanan baru kehidupan yang sebelumnya tidak biasa kita lakukan.

Allah ﷻ telah mengingatkan kepada kita untuk senantiasa memelihara kehidupan ini dengan baik yang dimulai dari diri kita. Allah ﷻ berfirman dalam QS Al Maidah ayat 32:

وَمَنْ اَحْيَاهَا فَكَاَنَّمَآ اَحْيَا النَّاسَ جَمِيْعًا

Artinya: “Barang siapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia”.

Jamaah Jumat yang dirahmati Allah,

Perlu kita sadari dan waspadai bahwa saat ini virus Corona sudah mengalami mutasi menjadi berbagai macam varian. Di antaranya yang saat ini sedang mewabah di Indonesia dan mengakibatkan lonjakan kasus positif Covid-19 adalah yang berasal dari India, atau dikenal sebagai varian Delta. Menurut para ahli, varian ini memiliki karakter lebih cepat menular dari sebelumnya. Sampai dengan pertengahan Juni 2021, sudah lebih dari dua juta orang di Indonesia terpapar Covid-19 dengan lebih dari 50 ribu orang meninggal dunia.

Meskipun demikian, semua orang harus berikhtiar bahu-membahu menjaga diri dengan senantiasa menerapkan 3 M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Semua yang terjadi ini adalah atas kehendak-Nya. Allah berfirman:

اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ 

Artinya:

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia” (QS Ar-Ra’du: 11).

Jamaah Jumat yang dirahmati Allah,

Yakinlah, akan ada hikmah yang mulia dari hadirnya pandemi Covid-19 ke dunia.

Allah berfirman:

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ 

Artinya: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.” (QS al-Baqarah: 286).

Demikianlah Khutbah pentingnya untuk saling menjaga diri di tengah pandemi ini.

Jamaah Jumat yang dirahmati Allah,

Alhamdulillah kita di Yayasan Karantina Tahfizh Al-Quran Nasional sudah melakukan karantina berjamaah bersama para penghafal Al-Quran. Ini merupakan sarana untuk mengasingkan diri saat di luaran sana sedang terjadi pandemi.

Selama satu tahun pandemi Covid-19, Alhamdulillah atas pertolongan Allah Yayasan Karantina Tahfizh Al-Quran Nasional dapat menyelenggarakan kegiatan seperti biasa dan semuanya diberikan kesehatan oleh Allah Subhanahu Wata’ala.

Hal ini penting untuk disyukuri dan disampaikan kepada keluarga, kerabat, tetangga, teman-teman, dan masyarakat luas agar semakin tersiar dakwah Al-Quran.

Atas pertolongan Allah, karantina tahfizh angkatan berikutnya sudah terdaftar lebih dari 90 peserta. Hal ini berarti bahwa Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan masyarakat muslim. Bahkan menjadi penyemangat dalam mengumpulkan amal ibadah dan kebaikan.

Sebentar lagi, para peserta karantina tahfizh Al-Quran akan menjadi alumni. Jagalah Al-Quran dan makmurkan masjid-masjid di tempat masing-masing dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Ada kabar gembira dari negara tetangga yaitu Brunei Darussalam.

Negara Brunei dilaporkan tidak mempunyai kasus baru Covid-19 selama setahun. Negara berpopulasi 450.000 penduduk itu pertama kali melaporkan kasus Covid-19 pada 9 Mei 2020 lalu.

Negara Islam yang rajanya menganjurkan warganya agar senantiasa membaca Al-Quran setiap hari. Maka negara ini dinyatakan aman dari pandemi Covid-19 dengan wasilah pertolongan masyarakatnya rajin membaca Al-Quran. Allah berfirman:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاۤءَتْكُمْ مَّوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَشِفَاۤءٌ لِّمَا فِى الصُّدُوْرِۙ وَهُدًى وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ

Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur’an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman (QS. Yunus : 57).

Para penghafal Al-Quran di Indonesia hendaknya menjadi orang yang paling akrab dengan Al-Quran dan masjid. Walaupun keadaan di luar masih pandemi namun para penghafal Al-Quran adalah pejuang yang akan tetap memakmurkan tempat ibadah dan menjadi penggerak kebaikan di daerah masing-masing. Mudah-mudahan Allah memberkahi. Amin

 بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي القُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

 

 

 

Khutbah II

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ وَكَفَى, وَأُصَلِّيْ وَأُسَلِّمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى, وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الْوَفَا.

 أَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ,

أَمَّا بَعْدُ:

 فَيَا أَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ, أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ,

وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ عَظِيْمٍ,

أَمَرَكُمْ بِالصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ عَلَى نَبِيِّهِ الْكَرِيْمِ,

فَقَالَ: إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ, يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا,

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ, وَعَلَى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ,كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ, وَعَلَى اٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ, وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ, وَعَلَى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ, كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ, وَعَلَى اٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ, فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ, 

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ, والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ, الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ.

اللّٰهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ, وَالْغَلَاءَ, وَالْوَبَاءَ, وَالْفَحْشَاءَ, وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ, وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ, مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ, مِنْ بَلَدِنَا هٰذَا خَاصَّةً, وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً, إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ,

عِبَادَ اللهِ, إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ

يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَر

Summary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *