Alternatif Musik dan Nyanyian untuk Pendidikan Anak

Hafal Quran Sebulan

Alternatif Musik dan Nyanyian untuk Pendidikan Anak

Karantina Hafal Quran Sebulan - Mendidik Anak
 
Tulisan ini khusus bacaan untuk bapak-bapak ikhtiar membuat anak cerdas. Ibu-ibu membacanya Perlahan-lahan. Yang lajang harap segera nikah dulu!
 
Musik dan nyanyian itu akan melekat dalam pikiran bawah sadar anak-anak kita.
 
Jangan sampai anak-anak lebih menikmati musik dibandingkan ayat-ayat Al-Qur’an.
 
Istri saya heran mengapa hampir seluruh lagu Rhoma Irama saya bisa melanjutkannya walaupun dengan suara yang tidak semerdu penyanyinya. Padahal saya mendengarkannya dulu sewaktu usia kecil ketika bapak kandung rajin mendengarnya sebelum berangkat berdagang.
 
Misalnya,
“Judi…”
“Meracuni keimanan…”
 
Mungkin sebagian dari pembaca mengetahui liriknya bahkan suara musiknya pun “terdengar.”
 
Baiklah…
Masih mending itu liriknya islami. Nah kalau anak-anak kita diperdengarkan lagu-lagu cinta-cintaan. Apa jadinya?…
 
Misalnya lagu yang membangkitkan syahwat, meskipun si anak belum mengerti namun saatnya anak sudah mengerti itu bisa terjadilah apa yang biasa dinyanyikannya. Naudzubillahi min dzalik.
 
 
Cabut antena TV dan ganti dengan flashdisk yang isinya sudah disetting sedemikian rupa. Isinya murattal anak yang dihiasi animasi kartun, doa-doa, panduan shalat kartun, nyanyian kartun islami yang bagus dan menarik.
 
Meskipun saya sudah download di YouTube tetapi untuk mendapatkan keberkahannya saya membeli versi aslinya. Kalau DVD bajakan diemperan toko harganya Rp10.000,- s.d Rp25.000,- tapi kalau yang original Rp100.000,- s.d Rp450.000,-. Nah belilah yang original karena dengan DVD tersebut Insyaa Allah anak-anak kita menjadi latihan berbahasa, rajin shalat, berdoa, berakhlak, bisa ngaji, bisa membaca dan menulis.
 
Jika Anda orang Indonesia sebaiknya hindari Upin Ipin karena dapat menghambat proses penguasaan bahasa Indonesia.
 
Saya orang Sunda sedangkan istri orang Jakarta. Sehingga saya mengalah dulu untuk anak bahasa ibunya dulu diutamakan. Walaupun ketika dengan neneknya komunikasi menggunakan bahasa Sunda itu tidak menghambat proses belajar berbahasa karena bisa digunakan dalam komunikasi.
 
Saat anak sering nonton Upin Ipin seringkali saya dibuat bingung. Meskipun istri mengerti bahasa Malaysia karena pernah kuliah di sana tetapi untuk pembelajaran awal pada anak-anak utamakan bahasa Indonesia, kemudian bahasa daerah dimana anak itu dilahirkan dan jika sudah lancar boleh lanjutkan bahasa Arab juga bahasa Inggris dari nonton TV yang sudah disetting dengan flashdisk atau hardisk eksternal. Bisa juga via gedget, laptop namun jangan sampai main game.
 
Alhamdulillah, Allah karuniakan kami anak pertama perempuan usia 3 tahun dan yang kedua laki-laki 1 tahun.
 
Ketika anak pertama waktu itu usia 2,5 tahun tiba-tiba membaca Al-Fatihah terdengar oleh tetangga.
 
Tetangga saya berkata, “Hebat sekali.”
 
Makjleb… Padahal saya merasa tidak mengajarkan. Cuma mendampingi nonton saja.
 
Saya tersenyum dan berkata “Alhamdulillah”
 
Baiklah….

Jika masa lalu Anda kurang begitu akrab dengan Hafalan Al-Qur’an namun ingin Anda dan anak Anda Hafal Al-Qur’an. Semoga www.hafalquransebulan.com bisa menjadi pilihan alternatif.

Oh iya untuk akhwat sepertinya Peserta sudah full di program liburan 21 Des – 4 Januari 2018. Sedangkan Ikhwan enggak tahu sekarang masih bisa ikut atau tidak. Yang akhwat juga coba tanyakan saja siapa tahu bisa ikut Angkatan berikutnya.
 
Hubungi 081312700100
 
Alamat:
Pusat Karantina Tahfizh Al-Qur’an Nasional jalan raya objek wisata Cibulan Maniskidul Jalaksana Kuningan Jawa Barat Indonesia. www.bit.ly/lokasikarantina
 
Yadi Iryadi
Dewan Pembina Yayasan Karantina Tahfizh Al-Qur’an Nasional
Founder Metode Yadain Litahfizhil Qur’an

Licensed Practitioner Neuro Linguistic Programming (NLP)
Master Coach HypnoTahfizh
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *